Berencana Touring di Akhir Tahun? Jangan Lupa Servis Motormu Dulu!

Sebelum melakukan touring, pastikan untuk selalu servis rutin motormu!

Memasuki bulan dengan akhiran ber, ber, ber, adalah pertanda bahwa penghujung tahun sudah tiba. Biasanya, di akhir tahun akan ada banyak orang yang melakukan perjalanan, baik yang liburan Natal atau menghabiskan jatah cuti tahunan. Tahun ini teman-teman berencana liburan ke mana?

Kalau saya sih seperti biasa, mudik ke kampung halaman untuk merayakan Natal. Seperti tahun-tahun sebelumnya, tahun ini saya juga berencana mudik naik motor, touring istilahnya. Saya selalu senang touring naik motor. Selain hemat budget, saya juga bisa berhenti sesuka hati dan lewat rute-rute yang lebih mblasuk.

Namun, sebelum melakukan touring, tentunya saya harus memastikan sepeda motor dalam kondisi prima. Kan nggak asyik banget tuh kalau lagi di tengah jalan yang jauh dari peradaban tiba-tiba motor mogok karena ada sparepart-nya yang rusak atau ban kempis karena sudah terlalu tipis dan lupa ganti ban. Dari yang niatnya liburan mau seneng-seneng jadinya malah badmood.

Guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan seperti ini, service motor rutin adalah sebuah keharusan bagi siapa saja yang menggunakan motor sebagai alat transportasi sehari-hari. Apalagi jika hendak touring dengan motor, service is a must!

Apa Saja Sih Bagian Motor yang Perlu Dicek Rutin?

Nah, bagi yang masih bingung (khususnya para ciwi-ciwi nih) bagian apa saja yang perlu diservis dari sebuah motor, nih daku kasih tahu bocorannya!

Oli Mesin

Saat duit kamu cuma mepet dan tidak memungkinkan untuk servis secara keseluruhan, setidaknya kamu tetap wajib ganti oli! Oli mesin berfungsi sebagai pelumas, pendingin, dan pelindung mesin. Kalau nggak pernah ganti oli sih sudah pasti motormu bakal nggak enak dipakai dan rusak. Biasanya ganti oli dilakukan sebulan sekali atau setelah 2500 km jarak tempuh.

Namun beberapa tahun terakhir sudah ada pabrikan/retailer otomotif yang berani memberikan rekomendasi penggantian sampai 5000km atau 2x lebih lama dari oli biasa. Ini dikarenakan oli yang mereka pasarkan sudah menggunakan teknologi ester. Jadi ya wajar sih kalo retailer ini mengklaim bisa 2x lebih lama dari oli biasa, karena memang ini adalah base oil tertinggi di kelas oli

Oli Gardan

Kalau motormu manual, kamu tidak perlu memakai oli gardan. Namun, kalau memakai motor matic, kamu wajib menggantinya secara rutin. Fungsi oli gardan untuk melumasi gear yang ada di Continuously Variable Transmission (CVT). Waktu penggantiannya menggunakan rumus 2x ganti oli mesin, kemudian baru dibarengi dengan 1x ganti oli gardan.

Busi

Busi adalah bagian di motor yang fungsinya mengubah aliran listrik koil menjadi percikan api sehingga mesin dapat menyala. Jika businya kotor atau tidak berfungsi, mesin motor menjadi sulit dinyalakan. Untuk itu diperlukan penggantian busi.

Kampas Rem

Kamu nggak mau kan mengalami kejadian rem blong saat sedang berkendara? Untuk itu mengecek kondisi kampas rem adalah keharusan. Jika kampas sudah aus, kamu bisa langsung menggantinya dengan yang baru.

Filter Udara

Sesuai namanya, fungsi filter udara adalah untuk memfilter atau menyaring udara yang masuk ke ruang pembakaran supaya tidak ada kotoran yang masuk. Perawatan filter ini cukup dengan dibersihkan. Namun, jika kondisi filternya sudah rusak maka perlu diganti.

Aki atau Accu

Tegangan pada aki terbagi menjadi dua jenis. Saat mesin mati, tegangan ideal berkisar pada 12,3– 12,6 Volt. Namun, saat mesin menyala, tegangan berkisar pada 13,7 – 14,2 Volt. Jika besaran tegangan dibawah atau di atas tegangan ideal, sudah dipastikan aki tidak layak pakai dan harus diganti.

Ban

Saat hendak touring, kamu wajib mengecek kondisi ban. Jika bannya sudah gundul bisa langsung ganti ban. Jika tekanan udaranya dirasa sudah berkurang, bisa tambah angin. Pada saat servise, mekanik akan memeriksanya secara detail.

Tune Up Motor Rutin

Tune up pada motor sama halnya dengan general check up yang dilakukan manusia. Tune up meliputi pemeriksaan semua komponen yang berkaitan dengan performa. Pemeriksaan biasanya fokus pada tekanan ban, kondisi lampu, membersihkan karburator (saringan udara), memeriksa tegangan rantai, rem, dan klakson.

Adakalanya tune up disertai dengan ganti oli motor matic, ganti oli gardan, atau penggantian sparepart. Namun tenang saja, biasanya mekanik akan menginformasikannya terlebih dahulu sekaligus memberi tahu kisaran biaya yang harus dikeluarkan. Kalau kamu setuju, baru mekanik melakukan perbaikan. Jadi nggak ada lagi tuh drama “wah aku ditipu sama bangkel ini anu itu” saat harus mengeluarkan uang banyak kala servis.

Rekomendasi Tempat Servis Motor Terbaik

sumber foto: https://planetban.com

Kalau sudah tahu mengenai bagian-bagian apa saja yang perlu dicek saat servis motor, pertanyaan selanjutnya adalah di mana sih tempat servis motor yang oke punya, mekaniknya andal, dan harganya wajar? Selain menjawab bengkel resmi brand kendaraan, tentu saya akan memasukkan Planet Ban dalam daftar.

Berdiri sejak tahun 2011, Planet Ban menjadi salah satu rekomendasi tempat servis motor terbaik. Di bengkel ini para pemilik motor bisa mendapatkan servis motor rasa mesin baru atau sistem servis terpadu.

Tujuan servis ini adalah untuk meningkatkan performa dan ketahanan motor dengan cara yang cepat dan biaya lebih hemat. Fokus pemeriksaan dan perbaikan dilakukan pada bagian vital yang letaknya tersembunyi dan jarang diservis, termasuk jarang dicek dan disetel rutin.

Ada banyak manfaat yang bisa didapatkan dari servis motor ini, yakni sebagai berikut:

  • Mesin menjadi lebih awet karena dalam pemeriksaannya menggunakan oli dan cairan khusus berteknologi tinggi sehingga dapat meningkatkan performa motor dan memproteksi mesin.
  • Jika dipadukan dengan penggunaan sparepart asli, pemakaian menjadi lebih nyaman, tahan lama, mesin dingin, dan tarikan enteng.
  • Biaya servis lebih hemat karena ganti oli cukup setiap mencapai jarak tempuh 5000km saja (antara 4-6 bulan sekali) sehingga tidak perlu sering-sering ke bengkel.
  • Turut memelihara dan menjaga lingkungan hidup karena emisi dan polusi dari motor berkurang.

Hal lainnya yang membuat servis motor di Planet Ban beda dengan tempat lain adalah pembersihan yang menyeluruh. Jika servis di tempat lain, biasanya ada kotoran, debu, dan sisa pembakaran yang tertinggal. Bahkan sering pula ditemukan kotoran dan debu di blok CVT yang membuat motor jadi terasa berat.

Namun, jika servis di Planet Ban, semua part mesin akan dibersihkan hingga seperti baru. Hasilnya, tarikan jadi lebih enteng, emisi turun lebih dari 70%, lebih hemat BBM, dan mesin jadi bersih total.

Dengan layanan separipurna ini, harga servis motor di Planet Ban tergolong bersahabat. Biaya service motor injeksi hanya Rp20.000, Servis CVT sekaligus rantainya Rp19.500, dan service throttle body hanya Rp20.000.

Setelah membaca artikel ini, semoga kamu tidak lagi bingung saat harus melakukan servis motor. Nah, buat yang mau touring, jangan lupa cek-cek dulu kendaraannya. Pastikan semuanya dalam kondisi prima dan siap menempuh perjalanan jauh.

Jadi, hendak touring ke mana akhir tahun nanti?


Elisabeth Murni
Elisabeth Murni

Ibu Renjana | Buruh partikelir paruh waktu | Sesekali bepergian dan bertualang.

Articles: 248

16 Comments

  1. Seruu amat touring bareng keluarga, mumpung masih bisa ajak bocah 😍

    Oiya, keluargaku kalo servis motor juga di Planet Blan lho, deket banget dari rumah soalnya..

    • Iya nih, mbak. Kayaknya bakal jadi natal terakhir touring naik motor bertiga. Tahun depan sudah nggak bisa. Bocahnya terlalu gede. Motornya nggak cukup haha.

      Planet Ban ini kayaknya ada di mana-mana deh. Gampang dijumpai.

  2. November atau Desember jadiin touring bareng ke Wonosobo, sih, yoookkk!!! Wkwkwk

    Tapi jangan dadakan, biar ku sempetin nyoba ganti oli dulu di planet ban biar makin ngacirrr 😀

  3. Kayaknya kalau touring motoran, enakan ke tempat yang deket tapi mengenang nostalgia yak kalau aku, Mbak. Jangan lupa ke Planet Ban dulu sih sebelumnya, hihihi.

  4. Ah, daku baru tau kalo di Planet Ban bisa servis juga. Kemana aku selama ini wkwkwk…
    Biasanya kalo ke Planet Ban cuman ganti ban doang, soalnya. Pilihan bannya banyak, harganya juga miring kalo dibandingin sama beli di tempat lain.
    Kalo tau gini, next servis motor ke situ aja ah.
    Thanks infonya kakaaaakkkk 🤗

  5. Wah bener banget mbak, buat orang yg sok sibuk gini cocok banget servis motor di Planet Ban soalnya mereka buka sampe jam 7 malem.
    Oiya jangan lupa jadi Member Planet Ban mbak, biar bisa akses buku servis dan dapet potongan harga, lumayan kan. ahahaha

  6. Dulu pernah touring ke Wonosobo waktu jadi pengantin baru. Wah, patut dicoba nih touring ke Wonosobo lagi karena sekarang udah punya anak kicik 😆

    Ahiya, planet ban juga jadi andalan juga tiap servis motor. Hemat biayanya, bersih tempatnya, dan ramah pegawainya (lho, jadi review)

    • Rindu touring lagi yak, dulu kita melipir ke kebun teh. Harusnya besok kalau ke sana lagi bikin before afternya. Jeje pasti bakal suka.

      Btw ada planet ban dekat tempatmu juga kan kalau nggak salah?

  7. waaahh baca artikel ini jadi tahu kalau oli mesin ga boleh disepelein ya, kayaknya pakai motor matic emang solusi di Jogja yang kian macet. Untung banyak Planet Ban yang bisa direkomendasi untuk jadi tempat servis ya kak.

  8. Senengnya kalo service disini tuh lumayan cepet pengerjaannya.
    Saya ga begitu demen sih sama olinya planet ban, tapi kalo untuk sparepart lain macem kampas, filter dan lainnya recommended banget. Lumayan awet dengan harga yang terjangkau.

  9. tambahan kak,

    selain kampas rem, alangkah baiknya periksa satu set sistem pengereman, kayak tuas rem, minyak rem (ganti per 20rb km), dan selang rem.

    perlampuan jangan lupa dicek, karena bahaya banget kalau kita lagi jalan malem hari, eh tiba2 lampunya matii.. dan buat motor yang sistem pendinginnya radiator, jangan lupa sedia coolant buat jaga-jaga di jalan…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *