10 Alasan Pentingnya Memiliki Website Supaya Bisnis Anda Makin Profit

Apakah Anda  menjalankan sebuah bisnis? Jika iya, kami memiliki kabar penting untuk Anda. Di masa kini, seorang pemilik bisnis, baik online maupun offline wajib memiliki website.

Jika Anda bertanya apa alasannya, berikut akan kami jelaskan secara gamblang.

Saat ini kita memasuki era industri 4.0. Di masa seperti sekarang, siapa pun sudah terkoneksi dengan internet dan memanfaatkannya untuk banyak hal. Mereka menggunakan internet untuk berkomunikasi, bekerja, bersekolah, berbelanja, hingga berbisnis.

Hanya melalui internet, Anda bisa terhubung dengan seluruh dunia dan hidup Anda menjadi lebih mudah.

Nah, jika Anda pelaku bisnis yang ingin mengembangkan usaha supaya lebih maju dan profit, syarat mutlaknya adalah wajib memiliki website. Terlebih jika bisnis Anda ingin menjangkau pasaran yang lebih luas. Melalui internet, Anda bisa mengembangkan bisnis hingga skala nasional, bahkan  global.

Jika Anda hanya mengandalkan pemasaran dengan cara konvensional, itu hanya akan menghabiskan waktu, tenaga, dan juga dana. Sementara itu, dengan memiliki website bisnis, pemasaran jadi lebih mudah.

Meskipun kegunaan website untuk bisnis sudah jelas dan sangat penting, ternyata masih banyak orang yang belum menyadarinya. Hal ini disebabkan kurangnya pengetahuan seputar pemanfaatan web.

Oleh karena itu, bagi Anda para pelaku bisnis, Anda harus mengetahui apa saja alasan pentingnya memiliki website yang akan dibahas dalam artikel ini.

Tidak perlu risau jika tidak memiliki kemampuan untuk membuat website. Saat ini sudah banyak jasa pembuatan website profesional dan jasa pembuatan landing page yang mampu menerjemahkan segala kebutuhan serta keinginan Anda.

Ini alasan mengapa memiliki website untuk bisnis itu penting

Berikut ini 10 alasan mengenai pentingnya memiliki sebuah situs supaya bisnis Anda makin profit dan berkembang.

1. Kebiasaan orang Indonesia masih menggunakan search engine untuk mengambil keputusan membeli

Data dari new brand discovery pada Januari 2021 menunjukkan bahwa mayoritas pengguna internet mencari referensi untuk memutuskan membeli melalui mesin pencari. 

Sementara itu, para calon konsumen juga menggunakan mesin pencari untuk melakukan riset seputar merk terbaik yang dicarinya. Konsumen akan mencari produk apa yang paling bagus dan sesuai dengan keinginan mereka lewat internet ini. 

Hal tersebut menunjukkan bahwa kehadiran internet sangat membantu para konsumen untuk menemukan produk terbaik yang sesuai dengan preferensinya.

Jika anda tidak mempunyai website, bagaimana mungkin bisa bersaing di dalam search engine tersebut? 

Sementara itu, tingkat persaingan di website juga semakin ketat dari waktu ke waktu. Jika anda tidak segera memulainya, bisnis Anda bisa ketinggalan dari pesaing.

2. Dapat membangun kredibilitas dan membangun kepercayaan

Mockup psd created by freepik

Website adalah sarana untuk membangun kredibilitas sebuah bisnis maupun brand.

Jika sebuah bisnis atau usaha tidak mempunyai website, maka calon konsumen kemungkinan besar akan ragu dan pada akhirnya memutuskan untuk membeli produk kompetitor yang mempunyai website.

Apalagi jika di dalam website kompetitor menampilkan spesifikasi produk secara detail bahkan testimoni dari konsumen yang pernah menggunakannya.

Hal itu akan semakin membangun kredibilitas dari produk tersebut. Dan ini menjadi salah satu pembuktian kalau produk tersebut terpercaya dan mampu menyelesaikan masalah penggunanya.

Satu hal yang harus Anda ingat, sebagus apapun produk Anda, jika tidak dikenal luas oleh masyarakat, maka tidak bisa menarik minat konsumen. Alasannya, mereka tidak mengetahui apa yang menjadi keunggulan atau nilai lebih merk yang Anda tawarkan tersebut. Oleh karena itu, keberadaan sebuah website sangatlah penting!

3. Dapat meningkatkan leads yang masuk = membuat website makin profitable

Dengan memiliki sebuah website, Anda bisa meningkatkan leads. Saat anda mempunyai website untuk bisnis, juga bisa lebih mudah untuk mendapatkan data customer.

Misalnya, Anda menggunakan plugin untuk menempatkan pop-up berupa alamat email atau nomor telepon. Selanjutnya, calon customer yang tertarik membeli produk anda bisa mengisi formulir tersebut dan dalam sekejap database bisa anda dapatkan.

Teknik ini diterapkan pada pelaku bisnis besar lainnya seperti berbagai marketplace di Indonesia. Mereka menyadari pentingnya database untuk memberikan promosi atau penawaran kepada konsumen.

Selain itu, jika ada fasilitas newsletter maka hal itu juga akan semakin meningkatkan brand awareness situs Anda saat masuk ke kotak masuk email.

4. Memudahkan calon customer Anda untuk mendapatkan informasi yang lengkap

Photo by John Schnobrich on Unsplash

Fungsi penting dari sebuah website bisnis juga sebagai media untuk memberikan informasi yang selengkap-lengkapnya supaya calon customer  lebih memahami produk Anda.

Jadi, ini juga akan semakin mempermudah kerja tim sales. Promosi secara online akan lebih efektif daripada harus menjelaskan secara satu persatu kepada customer.

Sebuah situs juga akan memberikan jawaban atas pertanyaan mendasar yang mungkin ditanyakan oleh calon customer tentang produk yang Anda tawarkan. Terlebih lagi, untuk bisnis B2B.

Ketika orang-orang mengunjungi website, mereka akan mendapatkan jawaban mendasar tentang produk, lokasi, kontak, dan sebagainya.

Saat mereka puas dengan jawaban yang diperoleh tersebut, selanjutnya memutuskan apakah meneruskan membeli produk Anda atau tidak.

Namun hal yang pasti mereka sudah mengetahui bisnis anda lewat informasi di situs. Inilah pentingnya jasa pembuatan website dan jasa pembuatan landing page di era sekarang ini. 

5. Memperpanjang jam kerja bisnis Anda karena bisa diakses selama 24 jam nonstop

Photo by Alina Grubnyak on Unsplash

Salah satu kelebihan yang tidak bisa dipungkiri dari adanya website untuk bisnis adalah bisa diakses 24 jam nonstop. Dengan begitu para pengunjung bisa melihat informasi sepanjang hari sesuai keinginan mereka.

Dapat diakses sepanjang waktu juga akan makin mendukung pemasaran dalam meningkatkan penjualan secara drastis, khususnya untuk perusahaan e-commerce.

Terlebih lagi, jika dilengkapi dengan fasilitas chatbot yang bisa membantu memecahkan masalah customer saat mereka membutuhkannya.

6. Membuat jangkauan target market Anda lebih luas

Photo by Ben Kolde on Unsplash

Pentingnya memiliki website selanjutnya adalah untuk menjangkau target lebih luas lagi.

Jika anda mengenal Apa itu SEO atau search engine optimization, Anda tentu sudah memahami bahwa dengan memiliki website target pasar akan jauh lebih luas. Bahkan, jika produk Anda berskala global, hal itu dapat dipasarkan dengan mudah.

Saat mengetik kata kunci tertentu dan situs Anda muncul di halaman pertama hasil pencarian, peluang untuk dikunjungi oleh calon customer makin tinggi.

Jika anda memiliki website bisnis yang didukung oleh SEO yang baik, website Anda memiliki kesempatan besar untuk muncul di hasil pencarian Google halaman pertama.

Jadi, ketika orang-orang mencari suatu topik mengenai produk atau layanan, kesempatan situs Anda untuk hadir di bagian pertama halaman akan semakin besar dan otomatis akan meningkatkan peluang mendapatkan customer baru. 

7. Website dapat menjadi senjata marketing yang efektif

Photo by Jan Antonin Kolar on Unsplash

Alasan penting selanjutnya memiliki situs untuk bisnis adalah bisa dijadikan senjata marketing yang efisien.

Contohnya dalam hal ini dapat dijadikan landing page saat iklan memakai Facebook ads, email marketing, Google ads, SEO dan sebagainya. Landing page akan membuat situs anda berpotensi lebih banyak dikunjungi sehingga meningkatkan peluang terjadinya penjualan.

Dalam upaya pengembangan bisnis apapun, pemasaran akan memainkan peranan sangat penting. Dengan memiliki website, akan mempermudah siapapun untuk memperoleh informasi yang diperlukan dan sedang dicari.

Katakanlah bisnis offline Anda berjalan dengan lancar dan sekarang ingin mengembangkan ekspansi secara online. Ketika Anda mempunyai website, Anda dapat memasukkan kata kunci ke setiap halaman supaya bisa muncul di mesin pencarian.

Terdapat dua metode pemasaran yang bisa membantu hal ini dilakukan. Metode pertama yaitu search engine optimization (SEO) dan yang kedua adalah search engine marketing (SEM). SEM sering juga dinamakan dengan pay per click. Anda juga bisa memakai media sosial untuk pemasaran website selain dari display ads dan cara lainnya.

Audiens target pilihan dapat diatur dengan menggunakan berbagai data mulai dari usia, jenis kelamin, lokasi geografis, dan sebagainya. Anda juga bisa menentukan dengan mudah Niche yang diinginkan.

8. Dapat dijadikan portofolio dan personal branding Anda

Mockup psd created by freepik

Jangan sampai membatasi website anda hanya untuk menjual produk atau layanan saja. Buatlah juga portofolio yang akan memperlihatkan bahwa Anda ahli dalam bisnis tersebut.

Contohnya bisnis anda di bidang travel dan tourism. Anda dapat membuat video portofolio yang memperlihatkan pengalaman menyenangkan sebuah keluarga yang menggunakan layanan anda.

Buatlah cerita dari mulai membeli tiket sampai dengan pengalaman berwisata yang menyenangkan. Anda juga bisa meminta customer untuk membagikan pengalaman dalam format video untuk menambahkan ke portofolio video anda.

Masing-masing portofolio tersebut akan membantu membangun kepercayaan konsumen kepada bisnis Anda.

Website merupakan hal yang sangat krusial di era digital seperti sekarang. Sebuah bisnis yang tidak memiliki website akan kehilangan begitu banyak kesempatan memperoleh income secara online.

9. Menambah channel marketing bisnis Anda selain dari sosial media

Photo by Mathis Jrdl on Unsplash

Memiliki situs web berarti konten Anda tersedia untuk pengguna kapan saja sepanjang hari, sesuai keinginan mereka. Jadi, apakah seseorang mengunjungi situs web Anda di tengah malam atau siang hari, Anda selalu berinteraksi dengan mereka.

Dapat diakses setiap saat mendukung pemasaran dan meningkatkan penjualan secara signifikan. Jika anda berpikir memiliki halaman sosial media cukup untuk menjaring konsumen baru, pikirkan lagi.

Hal ini tidaklah cukup, meskipun memiliki halaman Facebook, atau akun Instagram dan Tiktok. Kenapa? Karena semua bisnis memilikinya.

Facebook mengeklaim bahwa orang-orang di tahun 2018 mengambil waktu lebih sedikit dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Jadi jika bisnis Anda memiliki website, channel marketing di bisnis Anda semakin banyak.

Saat Anda memiliki website, orang-orang yang sedang mencari sesuatu di Google bisa langsung menemukan situs Anda. Target market Anda menjadi makin luas. Produk Anda pun bisa dijumpai di mana-mana, baik di sosial media maupun di mesin pencarian Google. Keren, kan?

10. Costumer dan calon customer Anda mengharapkan website

Mockup psd created by rawpixel.com

Alasan terakhir pentingnya memiliki website adalah untuk meberikan pelayanan yang maksimal terhadap customer.

Mengambil poin sebelumnya, pelanggan Anda yang paham teknologi akan mengharapkan Anda memiliki situs web untuk menemukan lebih banyak informasi tentang bisnis Anda.

Kenapa?

Simpelnya seperti ini, calon customer Anda butuh lebih diyakinkan sebelum membeli produk atau jasa yang sedang mereka cari untuk menyelesaikan masalah mereka.

Nah pada website, Anda bisa meletakkan informasi yang sangat detail tentang produk maupun jasa di bisnis Anda. So this is one stop solution for your business.

***

Dari penjelasan yang sudah disampaikan, tentu Anda akan makin menyadari tentang pentingnya memiliki sebuah website.

Pengembangannya akan jauh lebih mudah jika memiliki website kuat dengan banyak traffic. Selain itu, keamanannya juga harus diperhatikan. 

Jika Anda sekarang ini sedang mencari tempat pembuatan website untuk bisnis, jangan ragu untuk menghubungi Convertiso.com.

Convertiso.com merupakan jasa pembuatan website profesional dan jasa pembuatan landing page yang SUPER RINGAN, HIGH CONVERSION & Bisa Capture Data Calon Customer.

Berikut ini beberapa pengalaman client yang sudah pernah menggunakan jasa pembuatan website di Convertiso.com.

Ekspansi bisnis ke dunia digital akan makin mudah dengan berbagai fitur serta pelayanan yang diberikan.

Segera kunjungi dan dapatkan penawaran terbaiknya DISINI.


*)Artikel ini ditulis oleh kawan saya, Benedictus Oktaviantoro sebagai guest post.
Beni merupakan web developer professional yang dipercaya oleh banyak klien untuk membangun website mereka. Jika Anda ingin membuat website untuk bisnis dan tertarik menggunakan jasanya, silakan klik link di atas.

Default image
Elisabeth Murni

Ibu Renjana | Buruh partikelir paruh waktu | Sesekali bepergian dan bertualang.

Articles: 243

Leave a Reply

Your email address will not be published.